Perfect World Online Pointer Belajar HTML dan JavaScript
Alfaonline.com | Toko Online, Belanja Online & Belanja Murah                                                                                                                                                                                                                         Alfaonline.com | Toko Online, Belanja Online & Belanja Murah

Senin, 25 Mei 2015

Belajar HTML dan JavaScript

Apa itu HTML? Html adalah singkatan dari hypertext markup language, ”bahasa” yang biasa digunakan untuk coding pada sebuah website. Namun HTML ini bukan lah benar – benar coding, HTML hanya bahasa markup dan tidak bisa memanipulasi data (hanya berupa tampilan). Sedangkan untuk menjalankan logic atau logika dari pemrograman kita membutuhkan “bahasa lain” yang mendukung HTML contohnya adalah server language seperi PHP, ASP dan scipting language seperti javascript dan jquery.

Persiapan; untuk persiapan coding HTML dan Javascript, kita perlu mendownload software atau compiler seperti visual studio atau eclipse. Kita hanya membutuhkan sebuah web browser dan sebuah text editor seperti notepad (kurang dianjurkan, karena tampilan sulit), notepad++, sublime text, dan lain – lain. Pada HTML, selalu ada yang namanya tag pembuka dan penutup contoh :
‘The quick brown fox jump over the lazy dog
’. Nah yang disebut tag pembuka adalah ‘’ dan penutupnya ‘
’. Ada banyak sekali tag pada HTML dan juga HTML 5 (yang terbaru, terdapat canvas, video player, music player, datepicker, number,dll).

Javascript adalah bahasa yang dapat memanipulas HTML. Basis dari javascript adalah bahasa pemrograman java yang terkenal dengan object oriented nya. Untuk memasukan javascript ke HTML dibutuhkan tag ‘’ langsung saja saya contohkan coding nya.

http://ideone.com/HoyHgB


Di postingan selanjutnya, kita akan belajar bagaimana mempercantik tampilan dengan CSS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar