Perfect World Online Pointer CSS
Alfaonline.com | Toko Online, Belanja Online & Belanja Murah                                                                                                                                                                                                                         Alfaonline.com | Toko Online, Belanja Online & Belanja Murah

Selasa, 26 Mei 2015

CSS

Menurut W3School, kiblatnya orang buat belajar bikin web, CSS adalah
  • CSS stands for Cascading Style Sheets
  • CSS defines how HTML elements are to be displayed
  • Styles were added to HTML 4.0 to solve a problem
  • CSS saves a lot of work
  • External Style Sheets are stored in CSS files

Nah ringkasnya dapat saya katakan bahwa CSS itu adalah sebiuah markup language yang digunakan untuk memanipulasi tampilan yang ada pada sebuah website atau aplikasi dengan web view. CSS dapat mengatur font, warna, dan lain - lain dari sebuah text, tag maupun background atau elemen - elemen tertentu dalam HTML. Disarankan untuk memahami HTML dahulu sebelum memulai "bermain" dengan CSS. CSS sebaiknya digunakan secara eksternal, artinya CSS diletakan pada file lain dengan ekstensi .css dan di link atau reference ke file webpage dengan ekstensi .html (bisa juga yang lain).

Cara CSS dapat memanipulasi suatu elemen pada HTML adalah dengan menggunakan SELECTOR pada id - id atau class - class atau tag tertentu yang telah dibuat dalam HTML. Untuk memanipulasi tampilannya dapat digunakan atribut atau properties dari CSS yang sangat variatif. Langsung saja kita mulai "coding" nya tanpa perlu panjang lebar lagi.

Pertama saya sudah memiliki HTML page dengan code yang mengandung suatu tag (dalam konteks ini saya asumsikan tag )

Kedua, Siapkan file dengan ekstensi .css (dapat dibuat dengan text editor) 

{  color: red;    text-align: center;}
Penggalan code diatas dapat dibaca : untuk setiap tag p pada html berikan warna merah dan text-align center. Selain tag, CSS juga dapat memilih class (.) atau id(#) dalam HTML

.ClassCSS {    color: red;    text-align: center;}
Penggalan code diatas dapat dibaca : untuk setiap element dengan class ClassCSS pada html berikan warna merah dan text-align center.

#idCSS{    color: red;    text-align: center;}
Penggalan code diatas dapat dibaca : untuk setiap element dengan id idCSS pada html berikan warna merah dan text-align center. Namun id harus unik dan tidak boleh sama pada elemen lain dalam satu page, sehingga css ini hanya akan dijalankan satu kali pada id tersebut.


Untuk CSS3 terdapat efek lain yang lebih keren! Anda dapat tahu lebih banyak tentang CSS dari W3School



Tidak ada komentar:

Posting Komentar